Resep Bugar di Usia Senja

FAEDAH ABUYA AL HABIB SHOLEH BIN AHMAD AL AYDRUS

Resep Bugar di Usia Senja

Ada salah satu hadirin di Majelis Taklim Waddakwah Lil Ustadz Al Habib Sholeh Bin Ahmad Al Aydrus, sebut saja namanya, Haji Usman. Di usia yang hampir 80 tahun, beliau istiqomah hadir di majelis taklim guru kami. Padahal jarak antara rumah Haji Usman dengan majelis sekitar 10 km. Dia berangkat dengan menaiki sepeda motor *seorang diri*. Hujan yang lebat tidak menyurutkan semangatnya dalam menuntut ilmu di usia yang terbilang uzur. Dan beliau selalu nampak segar dan tidak pernah mengeluh tentang kondisi badan.
Ada salah seorang bertanya tentang resep sehat seperti beliau. Beliau menjawab, "Alhamdulillah, saya diberi keistiqomahan dan kesehatan. Saya pernah dipanggil oleh Abuya (Habib Sholeh), 'Haji Usman, agar badan selalu sehat jangan tinggalkan salat witir! Dan di rakaat terakhir baca doa qunut! Ketika membaca doa (وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ), niatkan dalam hati agar dijauhkan dari segala macam penyakit dan bahaya!' Maka nasehat Abuya ini selalu saya pegang dan amalkan. Mungkin ini yang menjadi penyebab saya diberi sehat dan kuat."

NB: Doa qunut disunahkan di Salat Subuh, qunut nazilah di setiap salat fardhu dan Witir di pertengahan terakhir Bulan Ramadhan. Di selain itu ulama berbeda pendapat. Ada yang memakruhkan, dan menyebabkan sujud sahwi jika dilakukan. Dan ada yang berpendapat doa qunut dianjurkan di setiap salat Witir sepanjang tahun. Pendapat ini dipegang olah Imam Nawawi. Wallahu A'lam

PONPES WASHIYATUL MUSTHOFA LIL USTADZ AL HABIB SHOLEH BIN AHMAD AL AYDRUS
Jl. Bareng Raya 317 MALANG

Tidak ada komentar: