Inilah Kitab yang Dicari Imaduddin Utsman Kitab Abad 4 H

Setelah tulisan untuk Meluruskan seorang kyai dari Banten yang mau mencoba menolak nasab habaib dari keturunan Sayid Alwi Ubaidillah, ternyata dia masih berusaha menentang dengan membuat tulisan baru yang intinya tidak berkenan jika Kitab nasab yang dihadirkan adalah kitab nasab yang ditulis jauh dari masa kehidupan Sayid Alwi Bin Ubaidillah.

Dia ngeyel minta Kitab nasab abad yang lebih awal atau yang dekat masa kehidupannya dengan Sayid Ubaidillah Bin Ahmad.

Mungkin karena dia sudah terlanjur penasaran,

maka kami sodorkan Kitab nasab yang ditulis oleh ulama yang wafat di tahun 478 Hijriyah

 


 

Sayid Ubaidillah Bin Ahmad sendiri menurut biografi dan manaqib beliau wafat pada tahun 383 Hijriyah pada usia 93 tahun.

Ulama yang menulis kitab nasab tersebut adalah Syekh Yahya bin Muhammad bin Al-Qasim bin Muhammad bin Tabataba Al-Alawi Abi Al-Muammar.

Beliau terkenal dengan nama Ibnu Tabataba yang menurut biografi meninggal pada tahun 478 Hijriyah. Tanggal lahirnya tidak diketahui tapi jelas sangat kemungkinan bisa diperkirakan kalau umur beliau dimisalkan 60an tahun maka dekat sekali dengan tahun wafat Sayid Ubaidillah Bin Ahmad.

Kitab beliau bernama أبناء الإمام في المصر والشام الحسن والحسين رضي الله عنهما yaitu Anak-anak al Imam Ali Bin Abi Tholib di Mesir dan Syam dari Keturunan Hasan dan Husain Radhiyallahu Anhuma.

Dalam kitab beliau halaman 176 (lihat scan kitab) dalam judul

ذكر ولد السيد عيسى بن محمد بن علي العريضي

Diterangkan bahwa anak dan putra keturunan dari Sayid Ahmad Bin Isa Al Muhajir yang ada di Hadhramaut Yaman dan Negara Islam Yang Lain Banyak Sekali diantaranya anaknya ada yang bernama Sayid Abdullah Bin Ahmad. Sebagaimana sudah masyhur bahwa Sayid Abdullah menamai dirinya Ubaidillah karena sangat tawadlu kepada Allah (Sudah kami jelaskan dalam tulisan kami sebelumnya.

لكن عقب السيد عيسى بن محمد من ابنه أحمد بن عيسى الشهير بالمهاجر كان كثيرا جدا في حضرموت وبعض بلاد المسلمين له اربعة أولاد محمد بن أحمد *وعبد الله بن أحمد* وعلي بن أحمد وحسين بن أحمد.

Artinya: Tetapi Keturunan Sayid Isa Bin Muhammad dari anaknya Ahmad Bin Isa yang terkenal dengan nama Al Muhajir banyak sekali di Hadramaut dan Sebagian Negara Muslimin yang lain. Beliau mempunyai 4 anak yaitu Muhammad Bin Ahmad, *Abdullah Bin Ahmad*, Ali Bin Ahmad, dan Husain Bin Ahmad.

Yang kami tulis tebal adalah beliau Sayid Ubaidillah Bin Ahmad yang mempunyai nama lahir Abdullah dan menamai dirinya Ubaidillah.

Sekiranya sudah jelas seperti matahari dalam masalah ini,

maka kami meminta kepada imamuddin dan para pendukungnya untuk berhenti membahas polemik ini.

Sebagai orang yang dianggap ulama marilah kita melakukan hal lain yang lebih manfaat untuk Islam dan Kaum Muslimin daripada sekedar meributkan nasab.

 

Sumber : https://www.facebook.com/umar.a.hamid.94/posts/pfbid02MPeo2a28QAn6NsyEMpP6v5cQewdSUgQfRpK3UC1n6HSv4qT7XwTDLvVUBRCBb8QUl

Tidak ada komentar: